Pesanan Capai 18 Ribu Unit, Toyota New Avanza Diklaim Masih Kokoh

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) sukses mempertahankan citra produk multi purpose vehicle (MPV) setelah beberapa kali sempat bersaing dengan kehadiran Mitsubishi Xpander.

Sempat mendapat persaingan dari Xpander dengan mengandalkan model lama, secara cepat Toyota melakukan penyegaran Avanza yang meluncur pada 15 Januari 2019. Langkah tersebut menjadi angin segar dimana persaingan kedua model MPV yang tengah perkasa tersebut berlangsung imbang.

Toyota sendiri mampu mendapatkan angka pemesanan yang cukup baik, namun sayangnya permintaan yang cukup besar dari konsumen membuat Toyota berhutang pengiriman new Avanza ke konsumen.

Berdasarkan data pemesanan yang dimiliki Toyota, sebanyak angka pemesanan Toyota Avanza mencapai 18 ribu unit sejak 15 Januari hingga akhit Februari 2019. Jumlah tersebut jauh dari kapasitas produksi new Avanza yang dimiliki Toyota sekira Lima ribu unit sebulan.

Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto sendiri mengungkapkan tingginya pemesanan new Avanza menjadi kendala tersendiri bagi Toyota untuk memangkas waktu inden agar lebih pendek.

“Saat ini total pemesanan Toyota new Avanza telah mencapai 18 ribu unit, sedangkan wholesales baru sekitar 6 ribu unit,” katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Toyota saat ini sudah mengirimkan pesanan sesuai dengan kapasitas produksinya, dimana pengiriman dari pabrik ke jaringan diler telah mencapai 5.568 unit, sedangkan untuk Februari 2019 mencapai 5.700 unit.

Artinya dalam sebulan tersebut pengiriman wholesale sendiri telah mencapai 11.268 unit sedangkan angka inden yang masuk mencapai 18 ribu. Meski demikian, Toyota berjanji akan menutupi seluruh pengiriman new Avanza ke konsumen sebelum lebaran. (muf)/ news.okezone.com